Thursday, September 6, 2018

FAKTA MENGENAI SEMUT YANG HARUS KAMU TAHU (PART 2) 8 PRILAKU SEMUT SEPERTI MANUSIA.


Setelah tulisan sebelumnya berisi rahasia semut yang sungguh menakjubkan (bisa dibaca disini). Dan masih menyambung tulisan tersebut kali in pun saya akan menuliskan beberapa rahasia semut yang belum pernah kita ketahui.

Jika tentang semut adalah salah satu hewan yang mempunyai sikap sosial yang tinggi, tentu kita sudah tidak asing lagi (yang kadang pun manusia tidak memilikinya). Tapi ada loh rahasia-rahasia tentang semut dimana prilakunya sama seperti manusia. Ya, langsung aja berikut adalah rahasia semut yang seperti manusia tersebut :

1. Ternyata semut memiliki insinyur dalam koloninya

Walaupun semut berukuran sangat kecil yakni berukuran millimeter saja, akan tetapi semut adalah insinyur bangunan yang amat mahir. Semut menguasai teknologi, dapat saling bekerja sama, mempunyai strategi militer, jaringan komunikasi yang canggih dan kedisiplinan. Maka tak heran semut dapat membangun tempat tinggal, benteng-benteng untuk berlindung, kamar-kamar untuk tidur serta barak militer di bawah tanah.

2. Semut juga pandai bertani

Ada jenis semut yang menguasai teknik pertanian. Jenis semut ini menanam tumbuhan penghasil makanannya dan memupuknya dengan dedaunan yang telah membusuk. Jenis semut ini kemudian memanennya ketika tanaman tersebut sudah masak kemudian dibantu oleh teman-temannya dan menyimpan hasil panenan ini ke lumbung makanan mereka.

3. Semut yang ahli kimia

Tidak percaya bahwa semut juga memiliki ahli kimia? Hmm, memang kedengarannya mustahil ya. Tapi percayakah anda ternyata semut memang mempunyai spesies yang menguasai teknik kimia. Semua jenis ini spesialis di dalam mengunyah atau memamah kayu kemudian mengubah hasil kunyahannya menjadi bahan karton. Dan bahan karton inilah yang mereka gunakan untuk bangunan mereka yang sarat dengan arsitektur menakjubkan. Kalau tidak percaya coba kalian perhatikan sarang semut yang kalian jumpai, tapi hati-hati diserang ya,,,hehehe

4. Semut juga punya status sosial

Ternyata bukan manusia saja yang punya status sosial loh. Semut juga ada. Jenis semut yang memiliki status sosial adalah jenis semut Afrika. Jenis ini mempunyai raja, pemerintah bahkan panglima perang. Tempat tinggal mereka juga diklasifikasikan sesuai tingkatannya. Dimana rakyat-rakyat semut yang berprofesi sebagai semut pekerja hanya menempati sisa-sisa ruangan atau sarang dari hirarki diatasnya. Waw seperti zaman kerajaan saja ya.

5. Seperti manusia ternyata semut juga tidur loh!!

Saya juga baru tahu kalau semut juga tidur. Mau tahu bagaimana semut tidur? Mungkin sama nih dengan kita para manusia.

Yap, semut tidur dengan posisi berbaring di atas kedua sisi badannya, sementara kedua betisnya saling berdekatan dan ditekuk supaya menyentuh badannya, kalau kata kita tidur miring sambil meringkut lah (tapi tidurnya miring kanan atau miring kiri ya, ya udahlah nggak usah dipikirkan hahaha). Dan selain itu ketika bangun ternyata semut juga menguap layaknya manusia loh. Subhanallah wallahu akbar.

6. Ciuman ala semut

Upss,,semut juga ciuman?

Oh no, bukan ciuman layaknya sepasang kekasih yang dimabuk cinta ya hehehe (apalagi ciuman ala Prancis atau kita kenal Franch Kiss hahaha).

Nah pernahkan melihat semut saling berdekatan satu sama lain ketika mereka berpas-pasan? Seperti ini nih gambarnya.

Nah menurut ahli biologi para semut saling berciuman untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Mulut semut memuat bahan kimia tertentu yang kadang ketika berbicara sering dibarengi unsur senda gurau. Sebagai ganti dari huruf-huruf yang dieja ciuman yang mereka lakukan sejatinya mengandung rasa yang beraneka ragam.

7. Cara semut menghangatkan tubuhnya

Ternyata semut juga bisa merasakan dingin loh. Nah, untuk menghangatkan tubuhnya ini semut dapat menghasilkan alkohol di dalam tubuhnya guna menyesuaikan suhu panas badannya dengan suhu udara di musim dingin. Inilah salah salah satu keistimewaan semut. Subhanallah wallahu akbar.

8. Bangsa Tartar semut

Hah!!!?? Semut punya bangsa Tartar? Kayak manusia aja ya…

Yap, ternyata dalam komunitas semut ada juga jenis semut yang bisa menjadi semut pemusnah. Semut pemusnah ini akan selalu memerangi semut-semut lain dari komunitasnya sendiri loh. Itulah kenapa semut ini disebut sebagai bangsa Tartarnya kerajaan semut.

Semut ini akan melibas semut garda kerajaan yang menjaga lumbung makanan. Dan ketika semut garda tersebut sudah mati maka semut pemusnah ini akan menguasai semua cadangan makanan dan mengambil telur-telur semut yang ada dan membawa ke kediaman mereka sampai telur tersebut menetas. Di saat semut-semut kecil ini lahir, mereka menjadikannya pelayan dan pekerja kerajaan. Wuooo sadis juga ya bangsa Tartar semut ini hehe…

Nah, itulah guys beberapa prilaku semut yang seperti manusia. Dunia semuat maupun hewan lainnya sungguh menakjubkan untuk diteliti ya guys. Jangan lupa baca juga Fakta Mengenai Semut Yang Harus Kamu Tahu (Part 3) Hukum Membunuh Semut.

Sumber : dikutip dari buku “Sebaiknya ANDA TAHU!” Karya Muhammad Kamil Abdush Shamad dan diedit dengan tambahan seperlunya.

No comments:

Post a Comment

Postingan Terakhir

PENGALAMAN TES CPNS KPU TA 2018