Thursday, September 6, 2018

FAKTA MENGENAI SEMUT YANG HARUS KAMU TAHU (PART 1)


Semut merupakan salah satu hewan yang paling umum kita jumpai. Entah itu di tanah, di tembok bangunan, di pohon bahkan di dalam rumah kita pasti ada semut. Tidak hanya satu jenis pasti ada banyak sekali jenisnya yang biasa kita lihat. Terkadang kita tidak tahu mereka datang dari mana dan dimana sarangya. Tahu-tahu ada saja di atas meja atau makanan kita.

Ya, hewan satu ini sungguh istimewa bahkan dalam Al-Quran ada sebuah surat yang bernama an-Naml yang artinya sendiri adalah semut. Juga tertulis ceritanya dalam Al-Quran surat an-Naml ayat 18-19, yang menceritakan tentang Nabi Sulaiman yang hendak berjalan di sebuah bukit dan mendengarkan seekor semut menyerukan kepada rekan-rekannya untuk segera berlindung karena Nabi Sulaiman dan tentaranya akan lewat. Berikut bunyi ayat tersebut :

“Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, “Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari” {QS. An-Naml (27) : 18}.

“Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orangtuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai; dan masukkan aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.” {QS. An-Naml (27) : 19}

Hewan ini sungguh menakjubkan, ketika sedang melihat pola laku dan memikirkan mereka membuat saya brdecak kagum. Bagaimana tidak, mereka dianugerahi kecerdasan yang luar biasa. Mereka bisa membangun rumah mereka sendiri lengkap dengan lorong-lorong beserta kamarnya. Meskipun semut hanya berukuran millimeter ternyata semut bisa mengangkat beban yang bisa mencapai 50 kali berat tubuhnya. Selain itu juga semut terkenal dengan sifat sosialnya, mereka akan bergotong royong dalam mencari makanan mereka. Ya, sikap saling bahu-membahu dan bantu-membantu inilah yang patut kita contohi dari para semut-semut. Dan tahukah anda bahwa setiap berpas-pasan dengan temannya mereka saling berciuman, dan inilah cara mereka berkomunikasi satu sama lain. Subhanallah wallahu akbar. Baca juga FAKTA SEMUT YANG HARUS KAMU TAHU (PART 2) 8 PRILAKU SEMUT SEPERTI MANUSIA.

Untuk diketahui ada sekitar 20.000 spesies semut di dunia dan lebih dari 12.000 spesies semut yang ada di dunia yang sudah diketahui. Dinyatakan bahwa semut merupakan jenis serangga yang paling mendominasi di dunia. Semut dalam tatanan koloninya terdiri dari semut pekerja, pejantan dan ratu semut. Dimana Ratu semut inilah yang akan bertelur. Ratu semut akan bertelur setiap harinya dengan jumlah bisa mencapai ratusan (waduh nggak kebayang deh capeknya). Allahu akbar.

No comments:

Post a Comment

Postingan Terakhir

PENGALAMAN TES CPNS KPU TA 2018