Wednesday, November 2, 2016

CENTHINI

Centhini,,,,
Berawal dari pencarian berita mengenai kasus pembunuhan Mirna Salihin dengan judul keyword “Jessica orang ke 6 yang lulus lie detector” (berasa jadi korban berita T_T). Akhirnya dapat dan saya buka lewat bintang.com. selesai baca, di bawah berita itu tertulis nama penulisnya “ Gadis Abdul”. Tak sengaja terkelik. Dan muncullah semua tulisan yang dipost-kannya. Banyak banget. Ada satu tulisan dengan judul “kitab Asmaragama :”  awalnya tidak tertarik tapi penasaran. Saya gak buka artikel terkait tapi membuka artikel dengan judul lain. Tapi setelah selesai baca artikel tersebut, ada lagi judul tulisan kitab asmaragama namun dengan bermacam sub-judul. Akhirnya tergodalah hati untuk membuka, karena penasaran (habis judulnya aneh-aneh, dewasa banget :G). saya klik dan loadingnya lama (padahal rasa penasaran sudah sampai diujung akal), akhirnya kebuka juga dan isinya sesuai tebakan saya. Dewasa banget (bagi wanita berumur 24 tahun yang belum menikah seperti saya). Perihal hubungan suami istri dalam sebuah pernikahan. rumah tangga. isinya berupa syair yang dikarang oleh ……. Indah memang kata-katanya, sampai terbuai dan terbayang-bayang. Terus apa hubungannya dengan penulisan judul Centhini di tulisan ini.

Begini ceritanya, mungkin ada yang tahu dengan sinetron Centhini di MNCTV yang diperankan oleh Dewi Persik sebagai Centhini. Awalnya sih, judulnya nggak hanya Centhini tapi “Centhini manis”, berkisah tentang seorang gadis desa yang cantik dan manis yang menjadi asisten rumah tangga. Banyak yang tergoda dengan kecantikan Centhini termasuklah majikannya yang diperankan oleh Roy Marten beserta anaknya yang diperankan oleh Rifky Balwel. Namun, sebenarnya Centhini ini menaruh rasa kepada Boby (Rifky Balwel) singkat cerita karena ibunya Rifky Balwel yang diperankan oleh Minati Atmanegara yang juga istri dari Pak Susilo (Roy Marten) merasa cemburu dan tidak suka karena merasa Centhini telah menggoda suaminya, akhirnya Centhini diusir dari rumah, dibuang di jalanan (maksud saya diturunkan dari mobil di jalan yang sama sekali nggak diketahui Centhini oleh si ibu jahat itu). Padahal adegan ini hanya untuk merubah jalan cerita sekaligus judul dari “Centhini manis” menjadi “Centhini”.

Eh ….kog malah panjang lebar cerita tentang sinetron Centhini, begini awalnya saya kira Centhini itu hanya sebuah nama orang yang dijadikan judul sinetron semata. Tapi karena baca kitab asmaragama seperti yang saya cerita di awal tulisan, saya jadi tahu kalo Centhini itu punya makna lain dan nama sebuah kitab sastra Jawa yang berisi tentang semua hal, daerah, agama sampailah juga tentang hubungan badan (senggama, mulai dari lawan jenis dan sesama  jenis, komplit banget pokoknya seperti kamasutra jawa gitu). Yang sudah menikah pastilah mengerti dengan kamasutra (hanya bisa gigit-gigit bantal saya mah T_T)

Olala…bagi saya yang belum menikah pasti tegang dan terbengong-bengong...konyool banget berasa nih...
CONTINUED,,,,,,



Karena saya punya penyakit penasaran akut, akhirnya bertanyalah kepada teman lama saya mengenai, apa dia pernah dengar kitab centhini...waaaiiii luar biasa dia tahu bahkan katanya paman dia pernah punya tempo dulu sebelum akhirnya entah lenyap kemana, karena penasaran saya bertanya lagi, apa dia pernah baca, eeaah,,,,sayang sekali dia hanya tahu sedikit sahaja (padahal saya mau tanya perihal bagian yang hanya menjadi rahasia orang dewasa. kali aja bisa belajar)...

ya sudahlah hanya bisa sampai disini....malu juga nanya-nanya terus, dia lelaki, kalo dia sampe on mati saya...ahahahaha

No comments:

Post a Comment

Postingan Terakhir

PENGALAMAN TES CPNS KPU TA 2018