Thursday, April 20, 2017

TAMAN TUGU PENSIL TANJUNGPINANG


Tulisan Tugu Pensil (dibawahnya yang hitam itu Gurindam 12)

Tugu Pensil

Di Tanjungpinang ada sebuah taman yang bernama Taman Tugu Pensil yang terletak di Jalan Haji Agus Salim Kota Tanjungpinang. Awalnya saya sendiri sebenarnya tidak mengerti mengapa dinamai Tugu pensil. Apa karena disini ada sebuah tugu atau bangunan yang menyerupai eh nggak ding tapi memang berbentuk pensil.
Nih kayak gambar dibawah ini,,,,,

Setelah saya gugling-gugling ternyata ada maknanya mengapa dinamai Taman Tugu Pensil ternyata awalnya karena ada bangunan Tugu Pensil ini. Tugu Pensil ini sendiri dibangun sebagai simbol penghargaan atas keberhasilan Kepulauan Riau dalam pemberantasan buta huruf di daerahnya melalui program Pemberantasan Buta Huruf (PBH) pada tahun 1960-an. Jadi agar bisa menarik perhatian pengunjung dan bisa menjadi salah satu tempat wisata di tengah kota dibangunlah taman di sekitaran Tugu Pensil ini.

Pendirian tugu ini dirancang sendiri oleh putra daerah tempatan yang bernama Ir Nizar Nasir. Dengan Peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yaitu, Prof. Prijono pada pertengahan tahun 1962 (waah berarti sudah tua juga ya umurnya...dan masih berdiri sampai sekarang).

Berikut Deskripsi mengenai Taman Tugu Pensil ini,,,,,

Disekitar Tugu pensil ini dibuatlah taman agar nampak lebih indah dan bisa menjadi tempat wisata untuk melepas penat setidaknya sambil menikmati semilir angin sepoi-sepoi yang menerpa wajah di sekitar taman atau kalau air laut lagi surut bisa juga kog kita bermain di pasir pantainya (tapi jangan berpikir pasirnya putih ya) maklum ini kan terletak di tengah kota yang tidak jauh dengan perumahan penduduk. Karena Taman Tugu Pensil ini terletak persis di pinggir pantai. Dimana dari taman ini juga kita bisa melihat Pulau Penyengat dan kapal-kapal fery yang sedang berlayar (haah berlayar???? ia apalah itu istilahnya) menuju Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang ataupun perahu atau sampan nelayan yang sedang mencari ikan ataupun udang di laut sekitar taman. Selain itu kita juga bisa melihat orang-orang sedang bekarang atau orang yang mencari siput atau pun kerang di pantai sekitar Taman Tugu Pensil jika air sedang surut.


kayak gini nih penampakan kapal yang sedang menyebrang di depan Taman Tugu pensil hehehe
foto ini saya ambil ketika sunset menjelang jam 6 sore waktu setempat


Oia Taman Tugu Pensil ini buka 24 jam loh, mau datang jam berapa pun terserah awaklah. Jika di siang hari taman ini banyak dikunjungi segala umur mulai dari anak sekolah, emak-emak, bapak-bapak dan budak kecik akan tetapi kalau dah malam ini taman jadi tempat memadu asmara (alah mak ini bahasa) para sepasang kekasih (it's ok serah kalianlah asal tak neko-neko ye nak ^^).

Di taman ini ada juga fasilitas olahraga seperti lapangan volly dan permainan anak-anak (entar saya masukin foto-fotonya). Dan ada juga orang jualan makanan seperti pentol, teh obeng (eeiits bukan teh yang dimasukin obeng ya, tapi ini sebutan untuk teh es atau es teh atau ice tea hahaha) kalau tak nak beli teh obeng ada juga minuman yang isinya nenas dan wortel, ada juga orang jual gorengan, bakso dan sosis goreng. Kalau tak nak beli yang dipinggir jalan ada juga "KEDAI CISANGKUY" nah kalau disana banyak pilihan menu mulai dari makanan yang berat sampai yang ringan, lokasinya persis berhadapan dengan Taman Tugu Pensil.

Di Taman Tugu Pensil ini sebenarnya ada toilet akan tetapi sayangnya perhatian pemerintah dan kesadaran masyarakat terasa kurang. Dimana tidak ada air yang cukup bahkan ironisnya tidak ada air sama sekali di toilet jadi kotor dan bau banget (bau pipis). Tak habis pikir saya kog bisa ya orang buang air nggak pake disiram atau dibersihkan gitu omaygod,,,,,,,,,pening palak. Padahal menurut saya kebersihan dan ketersediaan air di toilet sangatlah penting, karena ini menjadi salah satu fasilitas penunjang yang mutlak bagi pengunjung (tak mungkin kita nak nahan boker same pipis kan).

Selain toilet yang tak terurus, kebersihan taman ini juga kurang diperhatikan oleh masyarakat yang berkunjung dan pemerintah setempat kurang tegas dalam membuat aturan bagaimana agar masyarakat yang sedang berkunjung ke taman bisa sadar untuk menjaga kebersihan taman ini. Meskipun ada sih pihak kebersihan dari pemerintah yang membersihakan setiap harinya, namun tetap aja sampah masih berserakan dimana-mana. Kalau sampah daun yang berjatuhan sih wajar ya wong disekeliling taman ditumbuhi pohon-pohon gede, tapi sampah plastik dari masyarakat yang berkunjung ini yang mengganggu keindahan dari taman ini (ironis sekali).

#edit

ini kuburan salah satu pahlawan yang ada di Taman Tugu Pensil (walaupun malam tapi nggak seram)


 rame yaa karena sedang ada lomba voli


Inilah deretan tempat sampah yang ada di Taman Tugu Pensil (kagak semua sh difoto)

Tu kan msh ada aja yang buang sembarangan padahal udah ada tong sampah hmm,,,,,,

ayunan yang malang (udah pada rusak ini salah satunya)

I LIKE THESE SIDES hmmm......







itu penampakan restoran cisangkuy yang agak terkenal di Pinang
#ROTI PISANG BAKAR

Semoga Pemerintah Kota Tanjungpinang lebih memperhatikan tempat ini dan memperbaiki fasilitas yang ada...terutama toiletnya...aamiin.

No comments:

Post a Comment

Postingan Terakhir

PENGALAMAN TES CPNS KPU TA 2018