Wednesday, May 25, 2016

RESEP IKAN LEMPAH KUNING KHAS BANGKA

Kali ini saya akan membagikan resep ikan lempah kuning khas Bangka. Sebenarnya ada juga di daerah lain atau provinsi lain yang serupa dengan masakan lempah kuning nih tapi penyebutannya saja yang berbeda dan dah banyak pun yang menulis resep ini tapi tak apalah kan, saya tulis lagi untuk sekedar menambah pencarian di google. Masakan ini kenapa disebut lempah saya pun agak tidak memahami betul mengapa disebutkan lempah. Saya coba cari-cari di mbah google arti lempah tidak ketemu atau belum ketemu (dah tak kuase). Namun menurut akal pemikiran saya yang sederhana (sesederhana diri saya) arti lempah sama saja dengan masak/sayur/kuah atau simpelnya masakan yang berkuah.

Ada beberapa masakan berkuah di Bangka yang sebutannya pakai kata lempah, ada lempah darat (nanti saya bagikan juga resepnya, sabar yooo #aahhlebay) dan lempah kuning. Nggak usahlah nak berpanjang lebar lagi, jom simak resep ikan lempah kuning khas Bangka.

Daaaan ini resepnya,

Bahan-bahan:
Ikan (kalian boleh pakai ikan apa aja (sesuai selera) asal ada dagingnya dan jangan pakai ikan asin yaaa,
kalo suka pakai nanas juga boleh (aroma nanas akan membuat rasanya lebih segar)

Bumbu-bumbu:
Bumbu untuk ikan lempah kuning ada dua macam, kasar dan halus.
kalo bumbu halus, ada bawang putih, bawang merah, cabe merah, cabe rawit, kunyit, gula, garam, kaldu (takarannya sesuai selera (secukupnya dikira-kira aja heee)..
dan bumbu kasar, alias ini bumbu dimemarkan aja (tapi kadang-kadang saya liat mak-mak masak ada juga ini bumbu dihalusin tapi saya lebih sering dimemarkan aja lebih simpel, maklum wanita modern suka yang simpel), ada lengkuas (laos), serei, serta boleh ditambah cabe rawit utuh kalo suka dan jangan lupa asam jawa (kalo tak ada asam jawa bolehlah pakai jeruk sambal).

Cara memasak.
cara memasak ada dua nih, boleh semua bumbu ditumis atau langsung aja bumbunya direbus.

yang pertama dulu dengan bumbu ditumis.

Tumis bumbu halus setelah harum masukkan bumbu yang kasar (digeprek) setelah sudah layu tambahkan air secukupnya, setelah air mendidih masukkan ikan dan asam jawa. Tunggu sampai mendidih kembali, atau matang. Matikan, sajikan deh.

nah cara masak yang kedua,

Masukkan semua bumbu halus dan kasar ke dalam air, tunngu sampai mendidih, kalo dah mendidih masukkan ikan, tunggu sampai mendidih kembali. Matikan, sajikan deh.

Simpel kan?????

NOTE:
masukin nanasnya bersamaann dengan air saja, dan saran saya untuk gula, garam dan kaldu dimasukin kalo udah mau diangkat yaa.^^

Ini penampakkannya gak secanti masakkan dan penyajian orang tapi ya yang penting bisa dimakan.



No comments:

Post a Comment

Postingan Terakhir

PENGALAMAN TES CPNS KPU TA 2018